Mengenal Batuan Alam: Travertine

Travertine merupakan batuan alam seperti marmer, granit, onyx, limestone dll. Perbedaan utama antara travertine dengan batuan alam lainnya terletak pada pembentukan, kekerasan dan tampilan batu. Travertine umumnya dapat dijumpai pada mata air panas dan/atau gua kapur. Umumnya orang beranggapan travertine adalah batu marmer, namun hal itu sangat keliru. Travertine berbeda dengan marmer (batu marmer tergolong dalam kategori metamorfik). Ciri utama yang membedakan travertine adalah lubang pada batu tersebut. Lubang tersebut diakibatkan dari evasi karbon dioksida.

batu travertine

Bagaimana cara mengetahui Travertine yang berkualitas bagus?

Penentuan kualitas travertine, ditentukan dari banyak tidaknya lubang pada batu tersebut. Umumnya semakin sedikit lubang pada travertine semakin bagus kualitasnya. sebaliknya, semakin banyak lubang pada travertine maka semakin berkurang kualitasnya. Dari segi harga, semakin bagus kualitasnya maka semakin mahal harga batu tersebut.

premium-grade-travertine-vs-commercial-grade-travertine

Travertine cocoknya digunakan sebagai apa?

Tidak ada panduan khusus yang menyarankan penggunaan travertine. Namun juga tidak ada batasan dalam penggunaan travertine. Anda dapat menggunakan travertine untuk keperluan indoor (misal: lantai, tangga, dinding dsb) maupun outdoor (misal: monumen, patung dsb).

travertine-indoor-usage

sumber: http://www.what-is-travertine.com/